Langsung ke konten utama

Kasus Epidemik Kolera Yang Merebak di Yaman


JENEWA – WHO berharap, kasus epidemik kolera yang merebak di Yaman dapat dipangkas hingga setengahnya menjadi 218.798 kasus. Dalam dua bulan terakhir, WHO telah menyisir wilayah Yaman untuk melakukan penanganan.

Seperti diketahui, Yaman telah menjadi target empuk dari peperangan yang terjadi antara kubu Saudi dan kelompok pembelot Houthi, Iran. Penyebaran lewat kotoran yang mencemari makanan dan minuman akibat sanitasi yang buruk.

Sebelumnya, WHO memperkirakan jumlah korban jiwa telah mencapai hingga 300.000 kasus dalam enam bulan dengan kecepatan dua kali lebih cepat.

Kami tidak pernah melihat [penyakit] dengan jumlah setingggi ini. Kami merespons dengan sangat agresif dan kami berharap hasilnya bisa sefera terlihat,” kata Penasihat Senior WHO Yaman Ahmed Zouiten seperti dikutip dari Reuters.

Kendati infrastruktur kesehatan di Yaman banyak yang mengalami kerusakan dan banyak tenaga kesehatan yang belum mendapatkan gaji selama enam bulan terakhir, WHO memberikan insentif kepada dokter, perawat, petugas kebersihan, dan staf kesehatan lainnya yang melyani penyakit kolera.

WHO juga telah menyediakan tambahan 50-60 tempat tidur pada pusat kesehatan yang dijaga oleh 14 tenaga kesehatan. Targetnya, jumlah tempat tidur ini bisa mencapai 5.000 buah.

Namun, menurut Ahmed, tindakan pencegahan menjadi tindakan paling efektif. Hingga saat ini, terdapat 10 tenaga kesehatan yang bertugas untuk mencegah kasus diare menjadi lebih parah. Paling tidak, dibutuhkan sebanyak 2.800 titik kesehatan untuk menghadapi penyakit ini.

Hasilnya mulai terlihat, hampir semua provinsi menunjukkan angka kematian sedikit jiwa hingga tidak ada sama sekali.

Menurutnya, kasus paling parah terjadi di daerah yang dikuasai para pemberontak Houthi, seperti  Amanat al-Asimah, di sekitar ibukota Sanaa, daerah pelabuhan Hodeidah, dan Provinsi Hajjah.

Dalam dua pekan terakhir, angka kasus ini telah turun tajam, terutama dalam seminggu terakhir. Kendati daerah Hajjah melampaui 1.000 kasus baru setiap hari, Ahmed mengatakan bahwa banyak kasus lama yang kembali dihitung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Dampak Kerugian Negara Akibat Korupsi

Korupsi memang menjadi masalah pokok yang sedang di hadapi oleh negara saat ini. KKN pada dasarnya sama seperti tindakan atau perbuatan seseorang yang tidak menggunakan kepercayaan yang telah diberikanya dalam suatu perkumpulan atau organisasi. Sehingga ia berusaha untuk mendapatkan keuntungan sendiri melalui tindakan yang ia lakukan. Korupsi menyebabkan banyak sekali kerugian yang timbul di republik ini khususnya bagi perkumpulan atau organisasi tersebut. sebenarnya hal ini timbul akibat bagaimana kita bisa mengontrol keinginan untuk melakukan sesuatu dengan cara yang instan atau dengan berusaha. Bagaimana kita mengontrol diri untuk bisa memiliki sesuatu dengan cara yang halal atau dengan cara yang haram. Sehingga yang perlu ditanamkan pada diri sendiri adalah keimanan dan ketakwaan agar dapat selalu berada di jalan yang benar dan halal. Oleh karena itu, sebagai generasi emas bangsa kita anda harus menanamkan jiwa pancasila dan jiwa nasionalisme pada negeri, karena seperti yang kita …

Rumah Dijual Murah Di Cagar Alam Depok

Rumah yang sejuk dan nyaman memang banyak yang mencarinya. Hal ini dipicu terjadinya polusi yang terjadi dimana-mana. Polusi yang terjadi dimana-mana menyebabkan banyak orang menginginkan rumah yang sejuk dan terhindar dari polusi yang ada. Rumah dengan pepohonan yang rindang pastinya menjadikan suasana rumah tambah sejuk dan nyaman. Rumah dijual murahdi kawasan cagar alam Depok adalah solusi yang tepat untuk Anda. Rumah ini dijual dengan harga yang bersahabat dengan Anda. suasana rumah yang asri dilengkapi dengan pepohonan yang rindang dan menjulang tinggi akan menambah Anda semakin betah berada dirumah sendiri.
Rumah Nyaman Siap Huni Depok
Faktor kenyamanan dalam menghuni rumah salah satunya dipengaruhi oleh lokasi di mana rumah tersebut dibangun. Jika memiliki rumah di daerah Cagar Alam Depok, maka akan membuat hidup anda menjadi lebih nyaman. Salah satunya adalah suasana rumah yang aman dan nyaman. Rumah dijual murah harus anda coba di Depok. Rumah yang nyaman haruslah hal utama ya…

Karakter Terbaru Filosofi Kopi 2 Ben & Jody

Rilis pada 13 Juli tahun ini, Filosofi Kopi 2: Ben & Jody segera menjawab kerinduan para pencinta kopi Tanah Air. Setelah Filosofi Kopi rilis pada 2015, Visinema Pictures kembali menhadirkan kisah Ben dan Jody lewat sekuel.
Jika Filosofi Kopi pertama berangkat dari sebuah buku karya Dewi Lestari, sekuel kali ini menghadirkan dua nama baru yang turut menyumbangkan idenya dalam menciptakan karaketer baru. Yaitu Christian Armayanto dan Frischa Aswarini yang telah memenangkan kompetisi Ngeracik Cerita yang diadakan oleh Visinema Pictures pada pertengahan 2016.
Sang Sutradara Angga Dwimas Sasongko mengatakan kompetisi ini merupakan langkah tim Filosofi Kopi untuk mengikut sertakan penonton dalam memilih alur cerita. Sehingga alur cerita sekuel film ini tak hanya mengambil cerita dari Jenny Jusuf (Penulis skenario Filosofi Kopi).
“Pemenang cerita juga menulis sinopsis. Ada beberap plot dalam film diambil dari ide mereka berdua. Jadi ada empat sinopsis yang digabungkan menjadi satu, termasu…