Langsung ke konten utama

Inilah Dampak Kerugian Negara Akibat Korupsi


Korupsi memang menjadi masalah pokok yang sedang di hadapi oleh negara saat ini. KKN pada dasarnya sama seperti tindakan atau perbuatan seseorang yang tidak menggunakan kepercayaan yang telah diberikanya dalam suatu perkumpulan atau organisasi. Sehingga ia berusaha untuk mendapatkan keuntungan sendiri melalui tindakan yang ia lakukan. Korupsi menyebabkan banyak sekali kerugian yang timbul di republik ini khususnya bagi perkumpulan atau organisasi tersebut. sebenarnya hal ini timbul akibat bagaimana kita bisa mengontrol keinginan untuk melakukan sesuatu dengan cara yang instan atau dengan berusaha. Bagaimana kita mengontrol diri untuk bisa memiliki sesuatu dengan cara yang halal atau dengan cara yang haram. Sehingga yang perlu ditanamkan pada diri sendiri adalah keimanan dan ketakwaan agar dapat selalu berada di jalan yang benar dan halal. Oleh karena itu, sebagai generasi emas bangsa kita anda harus menanamkan jiwa pancasila dan jiwa nasionalisme pada negeri, karena seperti yang kita lihat bahwa tingkat kerugian negara saat ini semakin tinggi yang mengakibatkan munculnya berbagai dampak bagi masyarakat dan negara,

Seperti yang anda ketahui bahwa sumber penghasilan negara sebagian besar berasal dari rakyat. Dan orang yang melakukan penyelewengan sebagian besar mereka yang berasa di kalangan atas dan yang mengurus dana yang seharusnya digunakan untuk menyejahterakan rakyat. Bagaimana mungkin rakyat dapat sejahtera jika yang mengolahnya tidak melakukan tugasnya dengan benar dan bertanggungjawab. Inilah yang perlu diperbaiki di negara ini, memperbaiki sistem ketatanegaraan negara dan mencari tahu berapa banyak yang terlibat dalam kasus korupsi di Indonesia, setelah itu mengganti semua pejabat yang telah diketahui melakukan korupsi. Sehingga rakyat merasa puas dan dapat menerima haknya dalam merasakan berbagai fasilitas yang diberikan oleh negara baik dalam pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan kesejahteraan dalam menjalani kehidupanya.

Korupsi ini sama seperti bermain judi, jika anda sudah melakukan sekali maka anda akan ingin terus melakukanya atau dapat menimbulkan ketagihan yang semakin hari semakin besar nominal yang di dirugikan tersebut. inilah prinsip kerja korupsi. Seseorang yang melakukan kkn dengan jumlah nominal kecil, jika tidak ketahuan maka jumlah nominal yang dia gelapkan akan semakin besar dan bahkan mencapai milyaran bahkan triliun rupiah.  Dengan mengetahui bahaya dan penyebab mencuri dalam suatu negara. Hal ini sendiri lebih cenderung mengarah ke masalah keuangan, dimana orang yang melakukan pemcurian, menyembunyikan atau menyalahgunakan sejumlah dana keuangan organisasi tersebut yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Termasuk juga di Indonesia, semakin tahun tingkat kerugian negara ini semakin meningkat. Inilah dampak yang timbul dari adanya korupsi yaitu :

1. Pencurian mempunyai dampak mengganggu kesejahteraan bagi seluruh rakyat dan negara.

Dampak kasus juga terjadi akibat kepentingan, yang merupakan tempat yang memiliki peluang besar dalam melakukan pencurian, dimana dalam dunia politik juga banyak yang telah terdaftar melakukan penggelapan uang. Hal ini timbul akibat adanya persaingan yang terjadi pada setiap partai politik yang masing-masing tentu saja mempunyai kekuasaan tertinggi. Sehingga antar partai politik ini saling bersaing untuk dapat menempatkan dirinya pada posisi tertinggi dengan melakukan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan korupsi berupa penyuapan. Selain itu, hal ini juga timbul di dunia hukum, karena hukum di negara ini memiliki sistem piramida dimana dari atas tajam atau lancip dan hingga ke bawah semakin tumpul atau melebar, sehingga banyak orang yang terbukti melakukan tindak KKN melalui penyuapan juga jika dia telah melanggar hukum dan mempunyai kuasa atau banyak uang untuk dapat terbebas dari jeratan hukum tersebut. inilah fakta yang terjadi di Indonesai ini, kekuasan tertinggi bukan lagi berada di tangan rakyat namun berada di tangan para penguasa. Sehingga dengan banyaknya penguasa yang melakukan suap sehingga berdampak pada kesejahteraan rakyat yang kurang dan terganggu.

2. Kolusi berdampak pada demokrasi

Dengan adanya pencurian uang negara sekarang ini menunjukan adanya tantangan yang serius yang terjadi pembangunan di dalam negeri. Dengan adanya kegiatan tersebut membuat demokrasi menjadi terganggu dan menjadi sulit, baik itu di dunia politik, maupun di dunia pendidikan. Demokrasi sendiri merupakan aspirasi dari suara rakyat terhadap kinerja yang dilakukan oleh pemeritah, namun jika demokrasi sendiri tidak dapat dilakukan dengan baik bagaimana mungkin aspirasi rakyat akan ditampung dan dilaksanakan. Tentu saja hal tersebut berdampak pada hilangnya rasa demokrasi dalam masyarakat dan masyarakat pun akan malas untuk meluangkan waktunya dalam mewujudkan pembangunan negara.

3. Menghambat pertumbuhan perekonomian negara

Faktor ekonomi inilah yang menjadi faktor penyebabnya paling besar dan paling umum terjadi di dalam negeri. Sudah jelas bahwa manusia memiliki kebutuhan ekonomi yang berbeda-beda, namun bagaimana kita menahan rasa ingin memiliki sesuatu yang lebih itu memang sulit. Banyak orang yang melakukan pencurian karena faktor kurangnya ekonomi dalam hidupnya. Atau juga banyak orang yang ingin menjadi kaya dengan cara instan dan cepat sehingga mereka melakukan cara pintas juga yaitu dengan melakukan tindak pidana. Dan ada juga karena gaji yang dia terima tidak layak dan tidak sebanding dengan apa yang telah dia kerjakan, sehingga sebagai gaji tambahan dia melakukan kerugian negara. Dengan begitu banyak orang yang melakukan korupsi untuk memenuhi kebutuhanya, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi negara dan juga ekonomi masyarakat.

4. KKN dapat membuat kemampuan pemerintah dalam menjalankan tugas pembangunan menjadi lemah dan berkurang.

Tingkat kerugian ini paling banyak terajdi di dunia pemerintahan, dimana sebagian pejabat negara banyak yang diketahui telah melakukan tindak KKN, oleh sebab itu pemerintah menjadi lemah dan berkurang dalam melakusanakan tugasnya sebagai pejabat negara yang menaungi rakyatnya. Dengan begitu pemerintah pun tidak dapat melaksanakan tugas pembangunan negara dengan baik , sehingga dengan berkurang dan melemahnya kinerja pemerintah membuat pembangunan untuk rakyat pun akan berkurang dan tidak berjalan dengan lancar yang akan merugikan masyarakat.

5. KKN membuat seseorang tidak mempunyai moral dan akhlak yang baik

Moral dan akhlak merupakan ciri khas yang dimiliki oleh seseorang, dimana seseorang dapat dinilai dan dilihat dari moral dan akhlak yang dimilikinya. Mencuri uang negara membuat seseorang dicap sebagai orang yang tidak mempunyai moral dan akhlak karena tindakanya telah merugikan negara dan orang lain, sehingga tidak ada lagi kepercayaan yang diberikan pada dirinya untuk melaksanakan suatu kewajiban. Dengan begitu, akan hilang rasa kepercayaan dari orang lain pada orang yang melakukan tindak penggelapan. Inilah mengapa korupsi sangat dilarang di Indonesaia karena merugikan negara dan orang lain serta merusak moral dan akhlak.

Inilah beberapa dampak yang terjadi akibat adanya KKN. Dimana dampak tersebut akan terus berkembang jika kita tidak berupaya memerangi korupsi yang ada di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Dijual Murah Di Cagar Alam Depok

Rumah yang sejuk dan nyaman memang banyak yang mencarinya. Hal ini dipicu terjadinya polusi yang terjadi dimana-mana. Polusi yang terjadi dimana-mana menyebabkan banyak orang menginginkan rumah yang sejuk dan terhindar dari polusi yang ada. Rumah dengan pepohonan yang rindang pastinya menjadikan suasana rumah tambah sejuk dan nyaman. Rumah dijual murahdi kawasan cagar alam Depok adalah solusi yang tepat untuk Anda. Rumah ini dijual dengan harga yang bersahabat dengan Anda. suasana rumah yang asri dilengkapi dengan pepohonan yang rindang dan menjulang tinggi akan menambah Anda semakin betah berada dirumah sendiri.
Rumah Nyaman Siap Huni Depok
Faktor kenyamanan dalam menghuni rumah salah satunya dipengaruhi oleh lokasi di mana rumah tersebut dibangun. Jika memiliki rumah di daerah Cagar Alam Depok, maka akan membuat hidup anda menjadi lebih nyaman. Salah satunya adalah suasana rumah yang aman dan nyaman. Rumah dijual murah harus anda coba di Depok. Rumah yang nyaman haruslah hal utama ya…

Pilih Over Kredit Rumah atau Take Over KPR?

Tempat tinggal merupakan sebuah kebutuhan primer yang juga dapat dijadikan aset karena harganya yang cenderung stabil dan naik seperti misalnya harga jual apartemen margonda Depok. Namun dengan harganya yang semakin tinggi, banyak yang mencari alternatif cara untuk memperolehnya, salah satu solusinya adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tahukah Kamu apa itu take over kredit rumah atau take over KPR dan apa saja aturan over kredit rumah cara mengurusnya?
Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kini menjadi alternatif solusi yang sangat digemari dalam memperoleh rumah idaman. Dalam penggunaan KPR, terdapat sebuah opsi yaitu membeli sebuah rumah yang KPR nya di-take over oleh pemilik sebelumnya. Apa sebenarnya take over KPR itu? Take over KPR merupakan sebuah tindakan pengalihan KPR sebuah properti kepada pihak lain yang dilakukan secara sah berdasarkan sebuah perjanjian yang berlaku di bawah aturan hukum tertentu. Adapun beberapa alasan dilakukannya take over KPR ini antara lain: Memperoleh suku bun…